Memudahkan pegawai Pengelola di Kecamatan Lirik 

Prodi Teknik Informatika Unilak bantu Sistem Informasi Penerima Dana BLT 

Prodi Teknik Informatika Lancang Kuning saat memberikan plakat kepada pihak pemerintahan Desa Sidomulyo Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu. kemarin

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)-- Banyak inovasi yang terus dilakukan dalam mempermudah sistim informasi. Kali ini, Program Studi (Prodi) Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Lancang Kuning membantu Sistem Informasi Pemerintahan Desa Sidomulyo Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu. Bantuan Sistem Informasi dalam bentuk Program Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan (SPK) Penentuan masyarakat penerima Bantuan Bantuang Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sesuai dengan kebutuhan pengelola dana BLT Desa Sidomulyo.

Pemberian bantuan ini didasarkan pada kerjasama yang sudah disepakati oleh kedua instansi tersebut. Awal bulan Oktober 2020 telah ditandatangani kerjasama antara Prodi Teknik Informatika Fasilkom Unilak dengan Pemerintahan Desa Sidomulyo Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu dalam bentuk MoA dan MoU yang oleh Dekan Fasilko Unilak H. Fajrizal, S. P. M. Kom, Ketua Prodi Teknik Informatika Dr. Yogi Yunefri, M. Kom, KepalaD Desa Sidomulyo Budiyanto dan Sekretaris Desa Lisnawati.

Pada hari Senin (1/2/2021) bertempat di kantor Desa Sidomulyo, telah diberikan pelatihan penggunaan Program Aplikasi, serahterima Program Aplikasi dan penyerahan plakat kerjasama dari Prodi Teknik Informatika, sebaliknya Kepala Desa memberikan Piagam penghargaan kerjasama kepada prodi Teknik Informatika. 

Pada kesempatan itu Kepala Desa Sidomulyo Budiyanto mengatakan baha ia memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Prodi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning yang telah bersedia bekerjasama dan membantu membuatkan program aplikasi untuk memudahkan pegawai pengelola Dana BLT dalam pengelolaan dan seleksi masyarakat yang akan diberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT). ''Saya sangat berharap kerjasama ini dilanjutkan dalam bentuk produk lainnya dari Prodi Teknik Informatika Fasilkom Unilak. Semoga program yang didapatkan bisa digunakan oleh pegawai kami,'' ujar Budiyanto.


Sekretaris Desa Sidomulyo, Lisnawati  juga mengucapkan terimakasih kepada Tim Kerjasama Teknik Informatika Fasilkom Unilak, terutama Pak Dafwen Toresa sebagai Koordinatordan Puspita Sari sebagai programmer termasuk juga memberikan pelatihan cara penggunaannya. Terlebih lagi, program Aplikasi ini sangat membantu dan lebih cepatdan menghemat waktu kerja untuk menentukan masyarakat yang diprioritaskan sebagaipenerima BLT,'' ujar Lisnawati.

Sementara itu, Dafwen Toresa, M. Kom yang merupakan Koordinator Kerjasama sekaligus sebagai Sistem Analis mengatakan, bahwa kerjasama ini mengikutsertakan mahasiswa yang bekerja dan belajar di lapangan, dengan mahasiswa terlibat langsung bekeja di tempat pihak ke-tiga, memahani alur kerja, membantu kerja operasional dan ikut memberikan kontribusi serta solusi langsung lapangan dengan rentang waktu yang telah ditentukan.''Apa yang kami lakukan ini sudah sesuai
dengan slogan Kampus merdeka dan Merdeka belajar yang sudah dicanangkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Indonesia,'' terang Dafwen Toresa. 


Dafwen Toresa, M. Kom yang juga Dosen Prodi Teknik Informatika ini diakhir wawancaranya mengatakan bahwa pihaknya di program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Lancang Kuning sudah melaksanakan kegiatan seperti ini terhadap mahasiswa Teknik Informatika sejak tahun 2018 yang lalu. Tim Kerjasama Teknik Informatika ini terdiri dari  Dr. Yogi Yunefri, M. Kom sebagai penanggungjawab, DafwenToresa, M .Kom sebagai Koordinator sekaligus
sebagai sistemanalis dan mahasiswa prodi teknik informatika, LusiIndrayani sebagai perancang sistem dan sekaligus sebagai programmer.(Rls/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar